Paris Saint Germain Tempel Ketat AS Monaco di Klasemen

Paris Saint Germain Tempel Ketat AS Monaco di Klasemen

Paris Saint Germain terus menempel ketat sang pemuncak klasemen AS Monaco, setelah meraih kemenangan tipis 1-2 kala bertandang ke Stade Yves Allainmat – Le Moustoir markas Lorient dalam lanjutan matchday 29 Ligue 1 pada akhir pekan lalu.

Paris Saint Germain
Paris Saint Germain tempel ketat AS Monaco di puncak klasemen

Meskipun PSG meraih kemenangan, namun mereka tidak dapat menggeser posisi puncak yang saat ini masih dipegang oleh Les Rouge et Blanc, lantaran pada pekan yang sama, tim asuhan Leonardo Jardim juga memetik poin penuh kala berhadapan melawan FC Girondins de Bordeaux dengan skor tipis pula 2-1.

Hingga kini, Les Parisien masih tertahan di urutan kedua dengan raihan 65 angka. Dengan rincian berhasil memaksimalkan laga sebanyak 20 pertandingan, dan lima kali meraih hasil imbang serta menelan kekalahan sebanyak empat kali.

Empat kekalahan tersebut diterima saat melawan En Avant Guingamp, Montpellier HSC, Toulouse FC dan terakhir melawan AS Monaco. Kini, tim asuhan Unai Emery hanya terpaut tiga poin dari sang pemuncak klasemen dan berselisih dua angka dari OGC Nice yang terus membayangi di urutan ketiga.

Sementara peringkat keempat sekaligus posisi terakhir di zona Eropa ditempati oleh Olympique Lyonnais yang pada pekan lalu juga meraih hasil maksimal kala berhadapan dengan Toulouse FC. Tak tanggung-tanggung, tim arahan Bruno Genesio melumat lawannya dengan skor 4-0. Dua gol dicetak oleh Memphis Depay dan masing-masing oleh Jallet dan Cornet.

Sedangkan zona degradasi, ditempati oleh SC Bastia dengan poin sebanyak 25 angka dan FC Lorient yang sementara waktu berada di posisi paling buncit dengan hanya mengantongi 22 poin. Di urutan 18 yang merupakan zona relegation play-off diklaim AS Nancy-Lorraine yang berselisih enam angka dari posisi terbawah.

Unai Emery Yakin Timnya Akan Pertahankan Gelar Juara

Hingga pekan ke 29, Paris Saint Germain masih tertahan di posisi kedua dengan selisih hanya tiga poin dari AS Monaco yang masih perkasa duduk di puncak klasemen. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat sang manajer Unai Emery yang merasa yakin bahwa timnya akan mampu mempertahankan gelar juara.

Unai Emery
Unai Emery optimis timnya akan mampu mempertahankan gelar juara

“Saat ini kami memang masih tertahan di peringkat kedua. Namun, kami hanya berselisih tiga angka dari Monaco yang masih bertahan di posisi teratas. Sehingga hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa kami akan mampu merebut puncak klasemen dan mempertahankan trofi,”

“Kami pun merasa optimis akan mampu kembali meraih gelar juara di akhir musim. Tentu untuk mencapai hal tersebut, kami harus tampil semaksimal mungkin di setiap pertandingan. Sembari menantikan hasil pertandingan dari tim lainnya,” ujar Emery.

Mantan pelatih Sevilla ini menambahkan bahwa saat ini para pemain sudah kembali ke situasi yang normal, setelah sebelumnya langkah mereka di kancah Liga Champions harus terhenti pada babak 16 besar.

“Situasi para pemain saat ini kembali normal. Meskipun kami masih menyesali kekalahan dari Barcelona yang membuat langkah kami terhenti di UCL. Namun, kami dapat mengobati luka tersebut pada pertandingan akhir pekan lalu. Dimana kami memetik kemenangan dan kami harus tetap fokus,” tutup pelatih asal Spanyol.

Marco Verratti: Kami Harus Kembali Fokus

Senada dengan pernyataan sang manajer, gelandang andalan PSG Marco Verrati menyatakan bahwa saatnya kembali fokus dan berusaha untuk meraih kemenangan di setiap laganya.

Marco Verratti
Marco Verratti meyakinkan diri bahwa saat ini waktunya untuk kembali fokus

“Kami berhasil merespon kekalahan dengan memetik kemenangan. Saat ini kami harus kembali fokus di setiap pertandingan, demi meraih hasil maksimal. Misi realistis kami adalah mempertahankan gelar juara, dan kami merasa yakin akan mewujudkan hal tersebut,” ujar pemain berkebangsaan Italia.